Desain Pembelajaran Model CTL untuk SMK Rumpun Bangunan


Saya melihat secara definitif bahwa model pembelajaran CTL  (Contextual  Teaching  and  Learning)  cocok untuk pembelajaran pada materi bekisting. CTL adalah  sebuah  konsep pembelajaran  yang  membantu  guru  mengkaitkan  antara  materi  yang diajarkannya  dengan  situasi  dunia  nyata  dan  mendorong pembelajar membuat hubungan  antara  materi  yang diajarkannya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Titik poin dari CTL ini terletak pada kepiawaian guru dalam mengaitkan antara teori dengan situasi dunia nyata. Adapun apakah siswa dibawa langsung ke lapangan atau dibawa berpetualang menelususri foto-foto asli yang terekam kamera, itu bukan soal. Yang pasti saat siswa melihat dunia nyata sebagai sebuah manifestasi dari teori tertentuu, maka metode CTL telah terpenuhi. Karena, sekali lagi, indicator keberhasilannya dilihat dari mampu mengaitkannya situasi dunia nyata dengan materi pembelajaran.
Dalam hal ini saya mendesain pelaksanaan pembelajaran terkait materi bekisting di pertemuan pertama, sebagai berikut:

Siswa dihadapkan pada gambar di projector untuk mengamati dan melakukan analisis terkait definisi bekisting.
Gambar yang ditampilkan berupa foto (bukan gambar kerja) sehingga diharapkan pada saat siswa melihat gambar tersebut bisa mengaitkannya dengan pengalaman melihat bekisting di sekitar lingkungannya.
Guru disini hanya berperan sebagai fasilitator dan pengarah agar siswa mampu menemukan (inquiri) dan mengemukakan pendapatnya.
Di akhir pembelajaran setelah proses tanya jawab, guru menghimpun apa yang disampaikan siswa kemudian membuat kesimpulan.

Dengan gaya pembelajaran seperti ini saya mengharapkan dalam setiap benak siswa terbentuk gambaran materi yang dekat dengan pengalamannya. Secara pribadi saya merasakan bahwa belajar lewat pengalaman langsung seperti ini ataupun semi langsung dengan melihat foto asli yang ditampilkan di slide projector mampu lebih mudah untuk memahami.

0 Response to "Desain Pembelajaran Model CTL untuk SMK Rumpun Bangunan"

Post a Comment