Gairah hidup pemuda muslim

Manusia lahir tak berbekal sehelai pun pakaian, kemudian tumbuh dan berkembang dengan asupan pengetahuan dan pengaruh lingkungan. Dari balita tumbuh menjadi kanak-kanak, terus tumbuh menjadi remaja dan kemudian dewasa.  Begitu singkatnya siklus hidup sehingga tak mengherankan hegemoni kehidupan diisi oleh persaingan ketat berebut materi. Jika kita amati, tumbuhnya persaingan yang semakin hari semakin dahsyat ini sedikit banyak dipengaruhi dari ketakutan manusia menghadapi masa depan.
Secara sadar maupun tak sadar, kita sering dikompori bahwa masa depan yang baik itu punya mobil, rumah mewah dan bisa keliling dunia. Lewat film, iklan-iklan ataupun tulisan telah sukses melarutkan manusia pada konsep hidup yang wagu; mencari harta sebanyak-banyaknya yang sebenarnya tidak diperlukan, terkadang hanya untuk memamerkan pada orang yang tak dikenal. Kasus seperti ini tak boleh diterima akal sehat seorang muslim.
Masa depan bagi seorang muslim sepatutnya difokuskan pada pencarian ridho Allah semata, karena inilah satu-satunya garis pembeda antara muslim dan non muslim. Totalitas tujuan pada sang pencipta akan menghasilkan gairah luar biasa dalam menjalani kehidupan.
Contoh gairah dalam menjalani hidup adalah ketika seorang remaja yang baru lulus SMA merasakan dahsyatnya persaingan, bertaruh masa depan yang sangat penting bagi mereka lewat semangat yang menggebu menghadapi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), hal ini membuat semua hal-hal kecil rela dilewatinya dengan penuh semangat untuk tujuan besar tadi. Minat yang menggebu dan pengorbanan yang sangat besar untuk meraih tujuan inilah yang seharusnya senantiasa dimiliki seorang muslim. Dengan catatan bahwa gairah menghadapi hidup tidak semata-mata didasarkan pada materi atau untuk mencari kesenangan dunia semata, karena telah jelas firman Alloh:
“dan sesungguhnya akhirat itu lebih baik bagimu dari dunia”
(Q.S Ad-duha: 4)
Pemuda Muslim Harus Bergairah
Satu-satunya jalan keselamatan yang hakiki baik di dunia maupun di kehidupan setelah dunia adalah keimanan. Orang-orang beriman adalah mereka yang menjadikan ridha Allah sebagai tujuan tertinggi dalam kehidupan mereka dan berusaha keras untuk mencapai tujuan tersebut.
Gairah yang dihasilkan oleh iman merupakan kekuatan yang dapat meningkatkan kemampuan fisik dan mental, sehingga dia dapat menjalani setiap saat dalam kehidupannya dengan sangat baik dan produktif. Semangat yang tumbuh karena kecintaan kepada Allah ini memberikan kekuatan spiritual, kekuatan dan daya tahan yang besar, kemauan dan keberanian yang membaja. Melalui kekuatan spiritual orang-orang beriman mengatasi setiap kesulitan dan terus berusaha keras untuk menuju Allah apa pun kondisi dan keadaan yang mereka hadapi.
Hasbunalloh wani’malwakiill

Dimuat juga di:

1 Response to "Gairah hidup pemuda muslim"

  1. hidup memang harus semangat, meski kita sedang capek , banyak tugas, dan acara yg kita bikin minim peminatnya, kalau kita bosan dengan rencana kita, bagaimana dengan umat yang semakin apatis ini, alangkah kesadaran dan aksi nyata yang kita lakukan bukan sekadar tulisan.

    ReplyDelete